Jumat, 22 Februari 2013



DRAFT PENELITIAN
Nama                        : Juhaeral
NIM                         : 20100108031
Fak/Jur                     : Tarbiyah dan Keguruan/PAI
Judul Skripsi            : Strategi pembelajaran Guru Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Di MA Darus Shafaa Balang-Balang Kabupaen Sinjai
 

A.       Latar Belakang Masalah
Dalam perkembangan pendidikan pendidikan di indonesia, salah satu yang sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan adalah masalah strategi mengajar atau mendidik, oleh karena itu, setiap guru harus memiliki strategi pemberian motivasi mengantarkan siswa untuk mencapai tujuan yang diharapkan sehingga siswa akan lebih giat, terarah dan bersungguh-sungguh disamping itu, salah satu langkah untuk memiliki strategi pemberian motivasi guru harus menguasai teknik penyajian yang biasa di sebut dengan metode belajar.
                   Guru di sekolah memang peranan sangat penting dalam menentukan strategi yang tepat untuk meninggkatkan hasil belajar yang akan dicapai oleh siswa. Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan berbagai macam perangkat alat pendidikan, di samping motivasi dari guru yang dapat membangkitkan semangat belajar dan kesadaran mengenai yang akan di capai serta mamfaat dari pelajaran itu. Karena itu, dalam kegiatan menurut Roestiyah. N,K. Guru harus memiliki strategi agar anakdidik dapat belajar efektif dan efisien, mengantar pada tujuan yang diharapkan.[1] Salah satu langkah untuk memiliki stategi itu adalah harus menguasai teknik teknik penyajian atau yang biasa di sebut metode mengajar, denngan demikian metode mengajar adalah  strategi pengajaran sebagai alat untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
                   Di dalam proses belajar mengajar kegiatan interaksi antara guru dan murid merupakan kegiatan yang cukup dominan. Dalam proses belajar mengajar murid tentunya memiliki potensi kelemahan dalam berbagai segi utama dalam hal belajar untuk belajar yang aktif dan efektif diperlukan adanya minat. Hal ini amat menentukan keberhasilan belajar siswa yang memiliki minat yang tinggi tentunya besar kemungkinannya akan pintar, cekatan, ulet dan memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Sebaliknya siswa yang memiliki minat yang rendah tentunya sedidkit kemungkinannya untuk berhasil. Olehnya itu meningkatkan minat belajar pendidikan agama islam diperlukan upaya yang utama, terarah dan terpadu.
                   Dalam pelaksanaannya pendidikan ini, usaha-usaha guru khususnya guru pendidikan islam sangat penting artinya karena ia bertanggung jawab dan turut menentukan arah pendidikan itu. Untuk mencapai arah dan tujuan pendidikan bidang studi agama, diperlukan kemampuan guru untuk dapat menggunakan metode dan pendekatan dalam proses belajar mengajar yang di anggap paling efektif untuk mencapai tujuan pengajaran.
B.       Rumusan Masalah
                   Berdasarkan latar belakang masalah yang telah di kemukakan  diatas, penulis merumuskan pokok permasalahan yang akan di bahas dalam skripsi ini.
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah :
1.    Strategi apa yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat belajar siswa pada bidang studi agam islam di MA Darus Shafaa balang-balang kabupaten sinjai?
2.    Faktor faktor apa yang mempengaruhi tumbuhnya mnat belajar agama islam pada siswa di MA Darus Shafaa balang-balang kabupaten sinjai?
3.      Bagaiman gambaran minat siswa dalam belajar agama islam di MA Darus Shafaa balang-balang kabupaten sinjai?
C.  Defenisi opersional Variabel
Untuk menghindari persepsi yang salah dalam menginterpretasikan judul penelitian ini, maka terlebih dahulu peneliti akan memngemukakan defenisi yang sesuai dengan variabel judul tersebut, guna menghindari kesimpang siuran dalam pembahasan selanjutnya.
1.      Strategi guru
Stategi guru adalah suatu cara atau kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru agar tujuan pembelajaran dapat tercapai  secara efektif dan efisien, dalam hal kegiatan pembelajaran strategi sangat perlu  dikuasai oleh guru, khususnya guru pendidikan agama islam agar tercipta suausana pembelajaran yang lebih baik dan menyenangkan didalam kelas.
2.      Minat belajar
 Minat adalah rasa suka dan ketertarikan pada suatu hal atau aktifitas[2]. Belajar adalah Suatu kegiatan anak didik dalam menerima, menanggapi, dan menganalisa bahan-bahan pelajaran yang disajikan oleh pengajar Yng berakhir pada  kemampuan untuk menguasai bahan pelajaran yang disajikan.[3]
Minat belajar adalah kecenderungan siswa untuk lebih bergairah dalam memperoleh pengalaman dan pengetahuan.[4]
D.  Tujuan dan kegunaan
1.    Tujuan penelitian
              Seseorang yang akan mengadakan penelitian tentu mempunyai tujuan yang akan di capai. Oleh karena itu, dalam penelitian skripsi ini, tujuan yang ingin di capai adalah sebagai berikut:
a.    Untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat belajar siswa pada bidang studi agama di MA Darus Shafaa balang-balang kabupaten sinjai.
b.    Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuhnya minat belajar agama pada siswa MA Darus Shafaa balang-balang kabupaten sinjai.
c.    Untuk mengetahui minat belajar agama islam pada pada MA Darus Shafaa balang-balang kabupaten sinjai?
2.      Kegunaan penelitian
a.    Kegunaan praktis; dengan hasil penelitian diharapkan nantinya akan memberikan masukan kepada guru terutama guru PAI dan kepala sekolah MA Darus Shafaa balang-balang kabupaten sinjai.
b.    Kegunaan ilmiah; khusus bagi penyusun diharapkan dapat melatih daya kreatif dan analisis serta mencoba merealisasikan antar teori yang didapatkan di bangku kuliah dengan kenyataan yang ada di lapangan.
E.     Kajian Pustaka
2.    Strategi Guru Agama Islam
a.    Pengartian strategi
Strategi adalah berasal dari bahasa yunani, yaitu strategos, yang berarti keseluruhan usaha termasuk perencanaan, cara dan taktik.[5]
Guru adalah merupakan sauatu jabatan khusus dalam dunia pendidikan dia salah satu sumber belajar yang utama karena dari sanalah siswi/peserta didik memperoleh bimbingan, pengjaran dan pelatihan. Profesionalisme seorang guru diperoleh lewat pendidikan khusus keguruan atau latihan dan pengalaman.
              Sehubungan dengan uraian tersebut. H. Abdurrahman dalam bukunya “ pengelolaan pengjaran”, mengemukakan bahwa :
Guru adalah seorang anggota masyarakat yang berkompeten, cakap, mampu dan wewenang dan memperoleh kepercayaan dari masyarakat atau pemerintah untuk melaksanakan tugas mengajar/transfer nilai kepada murid.[6]
Pengertian lain, “guru adalah suatu jabatan yang bersifat profesional”.[7] Karena itu masalah yang pokok dewasa ini adalah bagaimana mengembangka proses belajar mengajar, agar lebih berdaya guna dan berhasil serta lebih bertannggung jawab. Untuk itu sebelum membina dan mengembangkan kemampuan siswa, guru itu sendiri perlu memiliki kemampuan.
Pada sisi lain guru merupakan suatu profesi yang artinya “suatu jabatan atau pekerjaan yang memerlukan keahlian khusu sebagai guru”.[8] Pengertian ini mengandung makna bahwa guru dituntut untk memiliki suatu keahlian, apalagi seebagian guru yang profesional yang harus menguasai betul seluk beluk pendidikan dan pengajaran dengan berbagai ilmu pengetahuan lainya yang perlu dibina dan dikemangkan melalui masa pendidikan tertentu atau di kenal denag pendidikan pra jabatan.
Guru adalah salah satu komponen manusiawi dalam proses belajar mengajar yang ikut berperan  dalam usaha pembentukan sumber daya manusia yang potensial dibidang pembangunan”[9] dengan demikian dapat dikatakan bahwa pada setiap diri guru itu terletak tanggung jawab untuk membawa para siswanya pada suatu kedewasaan atau taraf kematangan tertentu. Oleh karena itu setiap rencana kegiatan guru harus dapat didudukkan dan dibenarkan semata-mata demi kepentingan anak didik, sesuai dengan profesi dan tanggung jawab. Guru mempunyai tanggung jawab untuk melihat segala sesuatu yang terjadi di dalam kelas untuk membantu proses perkembangan anak.
Guru adalah suatu jabatn fungsional yang dilaksanakan atas dasar kode etik profesi”[10] Dalam pengertian lain “guru adalah suatu kedudukan fungsional melaksanakan tugas/tanggung jawab sebagai pengajar, pemimpin dan orang tua”.[11]
Melihat kutipan tersebut di atas, dapatlah dipahami bahwa guru adalah setiap orang yang berwenang dan bertanggung jawab terhadap pendidikan siswa atau peserta didik serta orang yang mempunyai kemampuan, kecakapan dalam mentransfer pengetahuan kepada siswa atau peserta didik.
b.    Tugas Dan Peranan Guru Penddidikan Agama Islam
              Peranan dan fungsi guru sangat penting dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, situasi yang dihadapi guru dalam melaksanakan pengajaran mempunyai pengaruh besar terhadap proses belajar mengajar itu sendiri. Dengan demikian, guru sepatutnya peka terhadap berbagai situasi yang di hadapi, sehingga dapat menyesuaikan pola tingkah laku dalam mengajar dengan situasi yang dihadapi.
              Tugas dan peranan guru dalam bidang kemanusiaan harus dapat menjadikan dirinya sebagai orang tua kedua. Ia harus menarik simpatik sehinga menjadi idola  para siswanya. Sebaiknya bila seorang guru dalam penampilannya tidak menarik, maka kegiatan peranannya  ia tak akan dapat menanamkan dasar-dasar pengajaran kepada siswanya.
              Tugas dan peranan guru dalam mengajar meliputi banyak hal, oleh karena itu ada beberapa pendapat yang penulis kemukakan, antara lain:
              Adams dan Decey dalam moh Uzer Usman, mengatakan bahwa tugas dan peranan guru meliputi banyak hal antara lain:
3.    Pengajar
a.    Pemimmpin kelas.
b.    Pembimbing.
c.    Pengatur lingkungan.
d.   Partisipasi.
e.    Perancang.
f.     Supervisor.
g.    Motivator.
h.    Konselor.[12]
H. Abdurrahman, mengemukakan bahwa untuk menangani tugas-tugas keguruan itu, seorang guru berperan sebagai:
a. Fasilitator         : Menciftakan situasi.
b. konselor           : pembimbing/penyuluh.
c. motivator          : memberi dorongan/sugesti.
d. organisator       :mengorganisasikan kegiatan proses belajar mengajar
e. informator        : menerangkan/memberi informasi.[13]
Havinghurst dalam sardiman AM, menjelaskan bahwa :
Peranan guru di sekolah dalam hubungan kedinasan, sebagai bawahan (sabornitae) terhadap atasannya, sebagai kolega alam hubungannya dengan teman sejawat, sebagai mediator dalam hubungannya dengan anak didik, sebagai pengatur disiplin, evaluator dan pengganti[14]
Sardiman AM, mengemukakan, peranan guru antara lain:
a.       Informator
b.      Organisator
c.       Motivator
d.      Pengarah/direction.
e.       Insiator.
f.       Transmitter.
g.      Fasilitator.
h.      Mediator.
i.        Evaluator.[15]
Akan tetapi yang akan penulis kemukakan disini tugas dan peranan guru sebagai profesi, guru sebagai pendidik
1.    Guru sebagai pengajar
Dalam proses belajar mengajar guru mempunyai tugas motivasi, mengajar dan memberi fasilitas belajar bagi peserta didik untuk mencapai tujuan. Selain itu guru juga mempunyai tanggung jawab untuk melihat segala sesuatu yang terjadi dalam kelas demi membantuproses perkembangan anak didik
Sebagai seorang pengajar iya harus menitikberatkan pembinaan dalam memberi motivasi untuk mencapai tujuan melalui pengalaman belajar serta membantu perkembangan aspek-aspek pribadi seperti sikap, nilai-nilai dan penyesuaian diri.
Dalam sistem pengajaran terdapat yang ingin dicapai, olehnya itu agar kegiatan belajar mengajar efektif, ia harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang cukup  tentang prinsip-prinsip belajar sebagi  dasar dalam merancang kegiatan belajar mengajar, seperti merumuskan tujuan, memilih bahan dan metode serta menntukan evaluasi
2.    Guru sebagai pembimbing
Bimbingan merupakan serangkaian dari usaha pendidikan, sebagai seorang pendidik guru juga sebagai pembimbin. Membimbing merupakan kegiatan menuntun anak didik sesuai dengan perkembangannya dengan jalan memberikan arahan yang sesuai dengan tujuan pendidikan, termasuk dalam hal ini membantu memecahkan persoalan atau kesulitan-kesulitan yang dihadapi anak didik, utamanya dalam proses belajar mengajar, denagn demikian, diharapkan dapat menciptakan perkembangan yang lebih baik pada diri siswa, baik perkembangan fisik maupun mental
Pada dasarnya peranan guru seagai pembimbing bertolak dari cukup banyaknya anak didik yang bermasalah. Dalam mengajar, ada anak didik yang cepat mencerna materi pelajaran, dan adapula anak didik yang lambat memahami materi yang diberikan oleh guru. Kedua tipe menghendaki agar guru bimbingan serta menyesuaikan strategi mengajar yang sesuai dengan tipe belajar anak didik.
Atas dasar tersebut, Sardiman AM, mengemukakan bahwa guru dalam menjalankan tugas pengabdiannya, Karena:
1)      Merasa terpanggil.
2)      Mencintai anak didik.
3)      Mempunyai rasa tanggumng jawab secara penuh dan sadar mengenai tugasnya.[16]
3.    Guru sebagai pendidik
Sebagai seorang guru hendaknya, menyadari dirinya sebagai pembimbing dan penolong yang harus memperhatikan sifat-sifat dan pembawaan anak didiknya, sehingga guru bersifat ikhlas dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik, agar usaha yang dicita-citakannya dapat tercapai.
Pendidikan disekolah berlangsung dalam suatu proses yang didalamnya terdapt berbagai faktor yang berhubungan satu sama lain. Hubungan ini di tandai adanya kegiatan yang bersifat educatif dan manusiawi antara pendidik dan peserta didik.
Proses pendidikan dan pengajaran dan pengajaran hendaknya dilakukan dengan pendekatan edukatif karena motif lain seperti dendam, gengsi atau ingin ditakuti atau karena ingin memberikan sangsi hukum yang melukai badan siswa. Dalam hal ini seorang guru telah melakukan pendekatan yang salah, guru yang telah melakukan teori power yakni teori kekuasaan dengan menundukkan orang lain dalam pendidikan guru harus arif dan bijaksana bila menggunakan kekuasaan, karena hal itu bisa merugikan dan perkembangan kepribadian anak didik.[17]
Jadi pendekatan yang efektif bagi guru adalah pendekatan yang edukatif. Setiap tindakan, sikap dan perbuatan guru harus bernilai edukatif denagn tujuan mendidik anak didik agar menghargai norma hukum, norma susila, norma sosial dan agama. Tindakan, sikap dan perbuatan tersebut merupakan konsekwensi logis bagi seseorang yang berprofesi sebagai guru.
Dengan demikian, guru sebagai pembimbing dan pengajar terikat dalam suatu ikata profesi yang tidak dapat dipisahkan, semuanya terkait dalam satu kegiatan pendidikan.
b.    Tanggung jawab guru pendidikan islam
Masalah tanggung jawab tidak dapat dilepaskan dari kedewasaan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa orang dewasa bukan fisiknya saja yang dewasa, akan tetapi psikisnya juga harus dewasa, dapat berdiri sendiri, mampu menentukan pilihan sendiri, menguasai masalah sendiri tanpa dipengaruhi oleh orang lain serta bertanggung jawab pada diri sendiri.
Orang dewasa, melaksanakan tugas sebagai pendidik karena mengingat tanggung jawab atas kelangsungan hidup tertutama keluarga, golongan, kelompok atau bangsa. Tanpa tanggung jawab orang tidak akan melaksanakan sesuatu, pendidik atau guru melaksanakan tugasnya karena tanggung jawab.
Orang tua mendidik anaknya sebagai upaya tanggung jawab atas kesejahteraan anak-anaknya, karena tanggung jawab yang dipikulnya itu iya berani mengambil resiko dalam bentuk apapun demi kelangsungan hidup dan kesejahteraan keturunannya termasuk orang yang tidak dapat bertanggung jawab, orang yang tidak dapat bertanggung jawab berarti orang yang belum dewasa, orang yang belum dewasa tidak mungkin mendidik orang manjadi dewasa.
Setiap guru harus memenuhi persyaratan sebagai manusia yang bertanggung jawab dalam bidang pendidikan. Guru sebagai pendidik bertanggung jawab untuk mewariskan nilai-nilai dan norma-norma kepada generasi berikutnya sehingga terjadi proses konservasi nilai, karena melalui proses pendidikan di usahakan terciptanya nilai-nilai baru.[18]
Setiap tanggung jawab memerlukan sejumlah kemampuan dan setiap kemampuan dapat dijabarkan lagidalam kemampuan yang lebih khusus, antara lain:
1.    Tanggung jawab moral, yaitu setiap guru harus memiliki kemampuan menghayati perilaku dan etika yang disesuaikan denagn moral pancasila dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
2.    Tanggung jawab dalam bidang pedidikan di sekolah, yaitu setiap guru harus menguasai cara belajar mengajar yang efektif, mampu membuat satuan pelajaran, mampu dan memahami kurikulum dengan baik, mampu mengajar di kelas, mampu menjadi model bagi siswa mampu memberikan nasehat, menguasai teknik teknik pemberian bimbingan dan layanan, mampu membuat dan melaksanakan evaluasi, dan lain-lain.
3.    Tanggung jawab guru dalam bidang kemasyarakatan, yaitu turut serta menyukseskan pembangunan dalam masyarakat yakni untuk itu guru harus mampu membimbing, mengabdi dan melayani masyarakat.
4.    Tanggung jawab guru dalam bidang keilmuan, yaitu guru selaku keilmuan bertanggung jawab dan turut serta memajukan ilmu, terutama ilmu yang menjadi spesialisnya, dengan melaksanakan penelitian dan pengembangan[19]
Sejalan dengan uraian tersebut di atas, Amstrong dalam Nana Sudjana membagi tanggung jawab guru lima katergori yaitu:
1.      Tanggung jawab dalam pengajaran.\
2.      Tanggung jawab dalam memberikan bimbingan.
3.      Tanggung jawab dalam mengembangkan kurikulum.
4.      Tanggung jawab dalam mengembangkan profesi.
5.      Tanggung jawab dalam dalam membina hubungan dengan masayarakat[20]
Masalah tanggung jawab guru pada lembaga pendidikan formal yang paling utama adala pencapaian tujuan pendidikan dalam rangka pembentukan pribadi anak. Dia harus benar-benar berusaha mendidik agar anak didiknya memiliki kepribadian seperti yang diharapkan.[21]
2.    Minat Belajar
a.         Pengertian minat belajar
Untuk mendapatkan pengertian yang jelas tentang minat belajar, penulis mengemukakan pengertian kata “minat” dan “belajar”  secara terpisah karena minat dan belajar merupakan rangkaian kata yang masing mempunyai arti tersendiri. Adapun arti minat adalah kesadaran seseoorang bahwa suatu obyek seseorang.[22] Berdasarkan pendapat diatas maka tujuan berfikir siswa terhadap sesuatu dipengaruhi pengalaman-pengalaman, alat indera dan pengamatan yang disengaja. Mungkin perubahan antar citi-cita dan proses berfikir siswa sebagaimana halnya dialami dan dinyatakan. Oleh karena itu, minat siswa merupakan dinamika pengalaman yang asli yang memberikan petunjuk dan rangsangan diminatnya suatu ide, salah satu ahli pendidikan berpendapat bahwa:
Perhatian dan minat itu dibangkitkan oleh guru terhadap siswa disebut dengan minat yang disengaja, sedangkan yang timbul dari siswa itu disebut minat atau spontan, perhatian spontan cenderung lama dari pada perhatian disengaja itu justru lebih penting artinya.[23]
Adapun pengertian belajar yang penulis kutip dari ahli pendidikan sebagai berikut :
Belajar adalah merupakan suatu perubahan dalam tingkah laku sebagai hasil latihan atau pengalaman interaksi dengan lingkungan.[24]
Berdasarkan pendapat di atas, dapat diketahui bahwa belajar berarti usaha mengubah tingkah laku. Jadi belajar akan membawa suatu perubahan pada individu-individu yang belajar. Perubahan itu tidak hanya berkaitan dengan penambahan ilmu pengetahuan tetapi juga berbentuk kecakapan, keterampilan, sikap, pengertian harga diri, minat, watak dan penyesuaian diri[25]
Dengan memahami, kedudukan minat dan proses belajar mengajar, maka seorang siswa dalam kegiatan belajarnya sedapat mungkin benar-benar perhatian terhadap sejumlah pelajaran yang diikuti. Selain untuk memusatkan pikiran, minat juga dapat menimbulkan kegairahan atau kegembiraan dalam belajar siswa. Kegairahan itulah yang dapat memperbesar daya kemampuan siswa untuk belajar dan tidak mudah menjadi lupa terhadap apa yang dipelajarinya. Sebaliknya apabila siswa belajar dengan kondisi yang tidak gembira akan membuat pelajarannya itu terasa sangat  berat. Oleh karena itu dibutuhkan upaya atau proses baik dari pihak pendidik maupun dari siswa itu sendiri untuk selalu menciptakan kegairahan dalam proses belajar mengajar.
b.    Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar
Oleh karena minat merupakan suatu kondisi kejiwaan yang dialami oleh beberapa faktor penting dalam dunia pendidikan dan pengajaran. Minat belajar dalam proses belajar mengajar dapat dibangkitkan dengan beberapa cara sebagai berikut:
1.      Adanya sifat ingin tahu dan ingin menyelidiki dunia yang lebih luas.
2.      Adanya sifat yang kreatif pada orang yang belajar dan adanya keinginan untuk selalu maju.
3.      Adanya keinginan untuk mendapatkan simpati dari orang tua, guru dan teman-temannya.
4.      Adanya keinginan untuk memperbaiki kegagalan yang lalu dengan usaha yang baru.[26]
Berdasarkan rumusan di atas, dapat dipahami bahwa minat belajar senantiasa dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu:
a)      Adanya tujuan yang ingin dicapai.
Secara umum, berbicara mengenai tujuan dalam sitem pendidikan dan pengajaran merupakan bagian yang sangat penting, sebab menyangkut hasil akhir dari sebuah proses pendidikan dan pengajaran yang dikategorikan dalam tiga jenis yaitu:
1.      Untuk mendapatkan pengetahuan.
2.      Untuk menanam konsep dan keterampilan.
3.      Pembentukan sikap.[27]
Secara sederhana dapat dikatakan bahwa tujuan belajar dan minat siswa merupakan suatu hubungan kwalitas. Dalam arti bahwa minat belajar mungkin ditumbuhkan dengan baik dalam belajar bilamana pemahaman akan tujuan belajar telah menjadi jelas. Itulah sebabnya sikap memulai pelajaran, peserta didik selalu diingatkan dngan tujuan belajar yang ingin dicapai pada setiap tahap proses pendidikan dan pengajaran.
b)   Motivasi
Setiap motivasi menunjuk kepada semua gejala yang terkandung dalam stimulus tindakan ke arah  tujuan tersebut. Motvasi juga sering di artikan sebagai daya upaya yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu.
Dalam proses belajar mengajar, motivasi sering dimknakan sebagai daya penggerak yang telah menjadi aktif. Motivasi dapat dimaknakan sebagai suatu upaya untuk menimbulkan atau meningkatkan dorongan untuk mewujudkan prilaku tertentu yang terarah kepada pencapaian suatu tujuan tertentu.[28] Dalam hal ini motivasi yang mengarah pada peningkatan minat belajar siswa harus dipahahi sebagai salah satu hal penting dalam pencapaian tujuan pengajaran.
Pendapat di atas dikuatkan oleh Mc.  Donald yang berpendapat bahwa motivasi adalah perubahan energi dalam arti seseorang yang ditandai dengan munculnya feelingdan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.[29]
Dari pengertian dapat dipahami bahwa timbulnya motivasi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya beberapa hal sebagai berikut:
1.      Adanya motivasi itu mengawali terjadinya perubahan energi pada diri setiap individu manusia.
2.      Adanya motivasi ditandai dengan munculnya rasa, feeling efeksi seseorang.
3.      Motivasi akan dirangsang karena tujuan tertentu.
Dengan menyimak berbagai keterangan yang dikemukakan di atas, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa motivasi dapat menjadi daya pendorong bagi siswa dalam meningkatkan minat belajarnya.
c)    Perhatian
Salah satu kendala yang sering dihadapi oleh seorang guru dalam kelas adalah menarik perhatian siswa dan menjaga agar perhatian itu tetap ada. Karena perhatian seorang siswa dalam proses belajar mengajar bermakna sebagai usaha mengarahkan pikiran dan konsentrasi hati manusia terhadap obyek yang dihadapinya.
Apabila bahan yang dipelajari kurang menarik perhatian anak didik, maka sudah barang tentu akan timbul rasa bosan dan sifat bosan dan malas belajar bagi peserta didik. Oleh karena itu, seorang guru dianjurkan untuk memberikan rasa humor seperlunya dalam menghangatkan suasana belajar dan menarik perhatian siswa.
Ada beberapa prinsip agar dapat menarik perhatian siswa an kemudian menjaga agar perhatian itu tetap ada:
1.      Perhatian seseorang setuju dan diarahkan pada hal yang baru diperoleh atau yang didapat selama hidupnya.
2.      Perhatian seorang tertuju da tetap berada dan diarahkan atau tertuju pada hal-hal yang dianggap rumit.
3.      Mengarahkan perhatian pada hal-hal yang di kehendaki.[30]
Kesimpulan bahwa minat sebagai salah satu unsur kejiwaan manusia banyak dipengaruhi oleh faktor kejwaan pula. Seperti pemahaman yang jelas tentang tujuan yang hendak di capai. Motivasi belajar yang baik dari berbagai pihak terutama tenaga pengajar  serta perhatian siswa terhadap berbagai pelajaran yang dipelajari.
2.    Pengertian metode pengajaran
Dalam pandangan umum, dapatlah kata metode itu diartikan  “melalui” yang berasal dari bahasa latin “meta” dan “hodos” yang berarti “jalan” atau “ke” atau “cara” dalam bahasa arab metode di sebut “tariqah” artinya jalan, cara, sistem atau ketertiban dalam mengerjakan sesuatu. Sedangkan menurut istilah ialah suatu sistem yang mengatur cita-cita.[31]
Sebagai salah satu ilmu, metodologi merupakan bagian dari perangkat disiplin keilmuan yang menjadi induknya, hampir semua ilmu pengetahuan mempunyai metodologi tersendir. Oleh karena itu, ilmu pendidikan sebagai suatu ilmu pengetahuan tentang metode yang digunakan dalam pekerjaan pendidik.
Demikian pula,pendidikan islam merangkum metode pendidikan yang tugas dan fungsinya adalah memberikan jalan atau cara yang sebaik mungkin bagi pelaksanaan operasional dari ilmmu pendidikan agama islam tersebut.
Dari uraian tersebut di atas, Prof.Dr. Omar Muhammad Al-Taoumy Al-Syaibany memahaminya bahwa metode pendidikan (pengajaran) islam adalah segi kegiatan kegiatan terarah yang dikerjakan oleh guru dalam rangka kemestian-kemestian mata pelajaran agama seperti aqidah, ahlaq, tauhid, fiqih dan sebagainya. Yang diajarkannya ciri-ciri perkembangan setiap murid dan suasana alam di sekitarnya serta tujuan untuk membantu seiswa mencapai proses belajar yang di inginkan serta perubahan pada tingkah laku mereka. Selanjutnya dapat membantu memperoleh maklumat, pengetauan agama,keterampilan berbuat, kebiasaan, sikap, minat dan nilai-nilaii yang di inginkan.[32]
Berdasarkan defenisi di atas, penulis dapat menyimpulkan bahwa metode pendidikan (pengajaran) agama islam adalah jalan atau cara yang diterapkan dalam proses belajar mengajar agama islam, guna tercapainya tujuan dan cit-cita pendidikan islam.
a.    Macam-Macam Metode Penagajaran Agama Islam
Sebagaimana diketahui bahwa, pengajaran merupakan bagian integral dari pendidikan, maka metode mengajar adalah suatu cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran. Oleh karena itu peranan metode mengajar sebagai alat untuk menciftakan proses belajar mengajar, dimana metode ini diharapkan tumbuh dalam berbagai kegiatan belajar sehuungan dengan kegiatan guru dalam mengajar (interaksi edukatif)
Menurut Zakiah Darajat dalam bukunya “metodik khusus pengajaran islam” mengemukakan 10 macam metode pengajaran yaiu:
1)    Metode Ceramah
Metode ceramah adalah penuturan atau uraian dan penjelasan bahan pelajaran secara lisan kepada sejumlah murid pada waktu dan tempat tertentu. Murid menyimak dan memperhatikan dengan baik apa yang disampaikan oleh guru.
2)   Metode Diskusi
Metode ini pada dasarnya ialah, tukar menukar informasi, pendapat, dan unsur-unsur pengalaman, secara teratur dengan maksud untuk mendapatkan pengertian bersama yang lebih jelas dan teliti tentang sesuatu  atau untuk menampung keputusan secara bersama.
3)   Metode eksperimen
Merupakan suatu metode dengan mengadakan eksperimen yang biasanya dilakukan dalam satu pelajaran tertentu seperti ilmu alam dan sejenisnya
4)    Metode Demonstrasi
Metode demonstrasi adalah metode pengajaran yang menggunakan peragaan untuk memperjelaskan satu pengertian atau memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada anak didik.
5)    Metode Pemberian Tugas
Metode ini merupakan satu cara dalam proses belajar mengajar, bilamana guru memberikan satu tugas untuk diselesaikan oleh siswa atau dipertanggung jawabkan kepada guru.
6)    Metode Sosiodrama
Drama atau sandiwara oleh guru atau kelompokorang untuk memainkan (mendamatisasikan) satu cerita atau tingkah laku dalam hubungannya dengan masalah sosial yang dipelajari.
7)    Metode Drill (latihan)
Metode latihan pada umumnya digunakan untuk memperoleh satu ketangkasan atau keterampilan dari apa yang telah dipelajari, dan sekarang mengukur sejauh mana daya serap siswa terhadap pelajaran tersebut.
8)    Metode Kerja Kelompok
Metode kerja kelompok mengandung pengertian bahwa, satu kelas dipandang sebagai satu kesatuan (kelompok) tersendiri atau di bagi atas kelompok-kelompok kecil untuk memecahkan suatu masalah atau untuk menyerahkan pekerjaan secara bersama-sama.
9)    Metode Tanya Jawab
Metode tanya jawab adalah satu teknik mengajar yang dapat membantu kekurangan yang terdapat dalam metode ceramah, baik dari segi pemahaman atau pengertian siswa, atau guru dapat memmperoleh gambaran sejauhmana murid dapat mengerti atau mengungkapkan apa yang diceramahkan. Metode tanya jawab ini, dilakukan oleh guru terhadap muridnya atau murid terhadap gurunya.
10)              Metode Proyek.[33]
Metode ini juga disebut dengan teknik penyajian unit. Anak didik disuguhi dengan bermacam-macam masalah, dan anak didik secara bersama-sama menghadapi masalah tersebut dengan mengikuti langkah-langkah tertuentu secara ilmiah, logis dan sistematis. Teknik ini merupakan yang modern karena murid tidak begitu saja menghadapi persoalan tanpa pemikiran-pemikiran ilmiah.
F.   Metodologi Penelitian
1.      Populasi dan Sampel
Sebagaimana yang diketahui bahwa dalam setiap mengadakan penelitian selalu berhadapan dengan subyek yang diteliti yang biasa disebut dengan populasi dan sampel penelitian. Penentuan subyek tersebut tergantung kepada masalah yang akan diteliti serta hipotesis yang akan diuji kebenarannya. Dalam hal ini tampaklah bahwa masalah populasi sebagai subyek yang diteliti mempunyai peranan yang sangat penting.
a.       Populasi
Populasi adalah seluruh data yang menjadi perhatian kita dalam suatu ruang lingkup dan waktu yang kita tentukan, yang dimaksud dengan seluruh data yaitu dapat berupa individu, rumah tangga, keluarga, kelompok sosial, sekolah, kelas, organisasi dan lain sebagainya.[34]
Menurut Ine Amirman Yousda populasi adalah “keseluruhan objek yang diteliti baik berupa orang, benda, kejadian, nilai maupun hal-hal yang terjadi”.[35] Suharsimi Arikunto mengemukakan bahwa “populasi adalah keseluruhan objek penelitian.”[36]
Sehubungan dengan hal ini maka Hermanto Warsito mengatakan “populasi adalah sekumpulan unsur-unsur atau elemen yang menjadi objek penelitian dan elemen populasi itu merupakan suatu analisis”.[37]
P. Joko Subagyo mengemukakan bahwa “Populasi adalah objek penelitian sebagian untuk mendapatkan dan mengumpulkan data.”[38]
Sedangkan menurut Nana Sudjana, mengatakan bahwa:
Populasi adalah loyalitas semua nilai yang memungkinkan, hasil menghitung atau mengukur kuantitatif maupun kualitatif mengenai karakteristik tertentu dari semua anggota kumpulan yang lengkap dan jenis yang ingin dipelajari sifat-sifatnya[39]
Selain pengertian di atas, masih ada pendapat lain yang memberikan pengertian populasi sebagai berikut :
a.       Sekumpulan unsur atau elemen yang menjadi obyek penelitian dan elemen populasi itu merupakan suatu analisis.
b.      Sekelompok obyek, baik manusia, gejala, nilai tes, benda dan peristiwa.
c.       Jumlah keseluruhan analisis unit yang ciri-cirinya akan diduga[40]
Dari beberapa pengertian di atas, maka dapatlah diketahui bahwa populasi adalah keseluruhan obyek penelitian yang terdiri dari manusia, benda, hewan, tumbuhan, gejala, nilai tes, atau peristiwa sebagai sumber data yang memiliki karakteristik tertentu dalam suatu penelitian.
Jadi poulasi dalam penelitian ini ada dua macam yaitu: guru yang ada di MA Darus Shafaa Balang-balang yang berjumlah 16 orang dan seluruh siswa yang beragama islam yang ada  di MA Darusshafaa Balang-balang sebanyak  97
b.   Sampel
Setelah populasi ditentukan dengan jelas, barulah dapat ditetukan apakah mungkin meneliti seluruh elemen populasi atau perlu mengambil sebagian dari populasi yang di sebut sampel. Suatu penelitian tidak perlu selalu meneliti semua anggota dari populasi, karena iya disamping memakan biaya yang besar juga membutuhkan waktu yang lama dan kemampuan penulis yang terbatas. Dengan demikian sebagian populasi sampel dapat diharapkan bahwa hasil yang diperoleh akan memberikan gambaran yang sesuai dengan sifat populasi yang bersangkutan.
Berdasarkan pendapat tersebut, sampel dapat diartikan adalah sebahagian dari populasi yang diteliti yang dipandang perlu mewakili populasi. Oleh karena sampel yang diambil harus mencerminkan keadaan umum populasi yang dengan kata lain harus representatif.
Di bawah ini akan dikemukakan beberapa pengertian sampel yaitu:
1.      Sampel adalah bagian dari populasi yang menjadi sumber data sebenarnya dalam penelitian,  artinya sampel adalah untuk mewakili sebagian dari populasi yang karakteristiknya hendak diteliti.[41]
2.      Sampel adalah kelompok representatif dari populasi yang akan berperan sebagai responden.[42]
3.      Sampel adalah sebagian dari populasi yang dijadikan sasaran penelitian.[43]
Disamping itu Sutrisno Hadi memberikan pengertian sampel, sebagai berikut:
Sampel adalah sbagian individu yang diselidiki itu disebut sampel atau contoh, sedang semua individu untuk siapa kenyataan-kenyataan yang diperoleh dari sampel itu hendak digeneralisasikan, disebut populasi atau universe.[44]
Sejalan dengan hal tersebut di  atas, maka dalam penelitian ini peneliti mengambil yakni seluruh siswa kelas I, II, III yang berjumlah 97 orang, I kepala sekolah dan orang 3 guru PAI sebagai sampel penelitian.
2.    Instrumen Penelitian
Keberhasilan penelitian banyak ditentukan oleh instrumen penelitian sebab data yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan atau masalah dan menguji hipotesis diperoleh melalui instrumen penelitian harus betul-betul dirancang dan di buat sedemikian rupa sehingga menghasilkan data dan informasi yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.
Sehunbungan dengan kegiatan penelitian ini penulis akan mempergunakan metode penelitian antara lain:
a.       Observasi, yaitu penulis mengadakan langsung pengamatan terhadap fenomena obyek penelitian.
b.      Interviu, yaitu penulis mengadakan langsung wawancara denagn guru atau siswa di sekolah guna mendapatkan data yang lebih konkret tentang permasalahan yang ada di skripsi.
c.       Angket, yaitu metode yag dipergunakan untuk mengumpulkan data baik dari siswa maupun guru dengan jalan mengedarkan yang berisi beberapa pertanyaan yang ada hubungannya dengan skripsi.
d.      Dokumentasi, adalah penulis langsung melihat dan membaca dokumentasi atau arsip yang ada di MA Darusshafaa Balang-Balang kabupaten sinjai.
3.    Prosedur pengumpulan data
Untuk mendapatkan data dilapangan dalam rangka penyelesaian skripsi, penulis menggunakan prosedur pengumpulan data sebagai berikut:
a.    Riset kepustakaan, yaitu penulis membaca literatur dan menelaah serta mencatat hal-hal yang ada kaitannya dengan masalah yang di bahas dalamdalam skripsi yang bersifat teoritis dengan menggunakan beberapa bentuk teknik yaitu:
1.      Kutipan langsung, yaitu penulis mengutip dari bahan referensi dengan merubah redaksinya, baik berupa bentuk ulasan, ikhtisar, namun tidak merubah dan mengurangi  makna dan tujuan yang di maksud.
2.      Kutipan tidak langsung, yaitu kutipan yang hanya memuat ikhtisar atau ulasan dari buku dengan menggunakan redaksi sendiri tanpa mengurangi atau menambah maksud dari buku tersebut dan intisari yang di ambil hanya beberapa garis-garis besarnya saja.
b.    Riset lapangan
Yaitu penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan atau melihat keadaan siswa secara langsung di lapangan dengan mengumpulkan data populasi dan sampel penelitian melalui teknik sebagai berikut:
a.   Angket, yaitu merupakan daftar-daftar pertanyaan yang diberikan kepada responden dengan sistem berurutan (item) untuk di isi sesuai dengan keinginanya, jadi angket tersebut dinamakan angket berstruktur digunakan untuk memperoleh data secara tertulis yang diberikan kepada responden.
b.  Wawancara, yaitu metode pengumpulan data dengan cara mengadakan percakapan langsung dengan informan yang dalam hal ini kepala sekolah, guru pendidikan agama islam dan siswa di MA Darusshafaa balang-balang kabupaten sinjai.
c.       Dokumentasi, yaitu pengumpulan data atau bahan yang bersumber dari dokumen  tertulis yang ada di MA Darusshafaa Balang-balang kabupaten sinjai
3.        Teknik Analisi data
Untuk menganalisi data maka penulis menggunakan teknik berfikir sebagai berikut:
a.       Teknik deduktif yaitu teknik menganalisis data yang bersifat khusus kemudian mengambil kesimpulan yang bersifat umum
b.      Teknik induktif yaitu menganalisis data dari yang bersifat umum kemudiian mengambil kesimpulan yang bersifat khusus.
c.       Teknik komparatif yaitu menganalisis data dengan membandingkan antara satu pendapat dengan pendapat yang lainnya kemudian diinterpretsikan untuk mendapatkan kesimpulan.
Dalam membahas atau mengolah data yang telah terkumpul, penulis menggunakan metode pengolahan data yang sifatnya kuantitatif, diolah dengan cara menggunakan presentase (%), kemudian dari jumlah presentase tersebut diberikan uraian dan penafsiran.
Adapun rumus yang digunakan

P = x 100% 
Keterangan
P= jumlah presentase
F= jumlah responden
N= Jumah keseluruhan


[1]Syaifullah bahri Djamarah, startegi belajar mengajar, (cet.I, jakarta : Rineka Cipta, 1995), h, 84
[2] Slameto, belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (cet. I ; Jakarta: Rineka Cipta, 2003), h. 180.
[3] M. Arifin, Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama Di Sekolah Dengan Rumah Tangga. ( cet. I ; Jakarta: Bulan Bintang, 1976), h 163.
[4] Moh. Surya, Psikologi Pendidikan (cet. I ; Bandung: FIP IKIP, 1979), h. 79.
[5] Oemar amalik, startegi belajar mengajar, (cet. I; bandung: bandar maju, 1993), h 1
[6] H. Abdurrahman, pengelolaan pengajaran, (cet, III ; Ujung pandang : IAIN Alauddin, 1991), h, 51.
[7] Abu ahmadi, pengantar didaktik metodik, (bandung ; cv.armico 1989), h.448
[8] Moh, Uzer Usman, Menjadi guru yang profesional, (cet. IV ; Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 1992), h 4
[9] Sardiman AM, interaksi dan motivasi belajar mengajar, edisi. I, (cet. IV ; Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 1992 ), h.123
[10] H. Abdurrahman, of.cit, h.51
[11] Ibid, h.51.
[12] Moh, Uzer Usman op.cit, h9.
[13]H. Abdurrahman, op.cit, h,51
[14] Sardiman AM, op, cit, h. 141
[15] Ibid, h, 142
[16] Sardiman AM, op.cit, h. 139.
[17] Syaiful bahri Djamarah, dan Azwar Zain, startegi belajar mengajar, (cet, I ; jakarta : PT Rineka Cipta, 1997), h. 67.
[18] Cece Wijaya, A. Tabrani rusyan, kemampuan dasar guru dalam proses balajar mengajar. (cet. I ; bandung : PT Remaja rosdakarya, 1991). H. 9-10.
[19] Ibid, h.10.
[20] Nana sudjana, Dasar-dasar Proses belajar mengajar, (cet. IV ; bandung : sinar baru Algesindo, 1998), h. 5.
[21] Departemen agama RI, ilmu pendidikan, Jilid I B, (jakarta : direktorat jenderal pembinaan kelembagaan agama islam, 196/1987), h.4.
[22] Akyas Azhari, psikologi pendidikan (cet. I; semarang PT. Karya Toha putra, 1996), h. 74
[23] I Masjah Alipandie, didaktik Metodik pendidikan umum (surabaya: usaha M, t. th), h. 16-17
[24] Drs. M. Ngalim purwanto, didaktik metodik pendidikan umum (surabaya: usaha M, t. th),h 16-17
[25] Drs. H. Abdurrahman, pengelolaan pengajaran (cet. VI; ujung pandang: bintang selatan, 1994), h. 98-99
[26] Sardiman. AM., Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar (Ed. I; Cet, IX; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,2001),h. 44.
[27] Ibid., h. 26-28
[28] Prof. Dr. H. Mohammad Surya, Psikologi Pembelajaran Dan Pengajaran (Cet. III; Jakarta: CV. Mahaputra Adidaya, 2003), h.92.
[29]  Sardiman, AM., op. Cit., h.72
[30] Drs. Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya (Cet. III; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1995), h.106.
[31] Dra. Hj. Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam, (Bandung : Pustaka Setia, 1998), h.123
[32] Ibid., h. 553
[33] Dr. Zakiah Darajat, dkk, Metodik khusus pengajaran agama islam (jakarta : Bumi Aksara, 1995), h.289
[34] S. Margono, metodologi penelitian pendidikan, (cet. I : jakarta : PT. Rineka cipta, 1997), h 118.
[35]Ine Amirman Yousda dan Zainal Arifin, Penelitian dan Statistik Penelitian (Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara, 1993), h. 138.
[36]Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian (Cet. XI; Jakarta: Rineka Cipta, 1998), h. 115.
[37]Hermanto Warsito, Pengantar Metodologi Penelitian (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1998),       h. 49.
[38]P. Joko Subagyo, Elemen Metodologi Penelitian (Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta, 1997), h. 23.
[39] Nana sudjana, penelitian dan penilaian pendidikan, (bandung : sinar Baru, 1989), h. 6.
[40] Hermawan warsito, pengantar metodologi penelitian, (jakarta : gramedia utama, 1992), h. 49
[41]  Ibid, h. 51-52.
[42] Ibid, h. 101.
[43] Murdalis, metode penelitian suatu pendekatan proposal, (cet. III ; jakarta : Bumi aksara, 1995), h. 53.
[44] Sutrisno Hadi, metodologo research, jilid, I (yogyakarja : Andi Offset, 1994), h. 70.

1 komentar: